Kagaya Sport

Momen Piala Dunia adalah rezeki yang turun bak durian runtuh bagi Hengki Ahmad, sang owner toko Kagaya Sport. Meski gelaran empat tahun sekali itu baru akan dimulai Juni 2014, toko ini sudah menyediakan berbagai kostum peserta event yang tahun ini dilaksanakan di Brasil tersebut, sejak awal tahun.

“Untuk merchandise seperti jersey peserta Piala Dunia sudah ada dan pangsa pasarnya lumayan. Terutama untuk tim-tim besar, seperti tuan rumah Brasil, Belanda, Italia, Spanyol,” ujar pria berusia 43 tahun ini kepada Majalah Inspirasi Usaha. Bahkan, lanjutnya, untuk jersey tim nasional Italia sudah restock, karena peminatnya cukup banyak.

TOSHIBA CAMCORDER

Di Kagaya sendiri, selain jersey tim nasional peserta Piala Dunia, replika bola yang akan dipakai di Brasil juga sudah dijajakan. Sedangkan, merchandise lainnya seperti syal, gantungan kunci, stiker, topi dan pernak pernik Piala Dunia lainnya akan menyusul mendekati hari H perhelatan akbar tersebut. “Karena momen Piala Dunia juga, pembeli kostum klub-klub Eropa ataupun klub lokal Liga Indonesia sudah mulai sepi kecuali untuk klub-klub yang lolos ke semifinal Liga Champions, seperti Chelsea, Bayern Munchen, Real Madrid yang terus masih bagus penjualannya,” ungkapnya.

Untuk memenuhi kebutuhan stock merchandise Piala Dunia, Hengki mengaku menyediakan budget khusus yang lebih banyak dibanding hari biasa. Perputaran uangpun meningkat hingga 50 persen. Jika, rata-rata di hari biasa omset usahanya bisa Rp20 jutaan, maka di momen Piala Dunia ini bisa mencapai Rp30jutaan. “Tentu ada anggaran khusus yang ditambah dari hari biasa, karena prediksi saya mengingat momen Piala Dunia sebelumnya, omset bisa naik lima puluh persen. Dan penjualan akan menurun jika sebanyak pada saat persiapan hingga babak penyisihan menuju final. Pembeli akan mengerucut sesuai dengan tim-tim mana saja yang akan masuk semifinal serta final,” ucapnya.

Hengkipun yakin Piala Dunia 2014 bakal lebih meriah lantaran digelar di negri Samba-julukan Brasil, yang notabene adalah negara dengan talenta-talenta apik di lapangan hijau. “Euforianya pasti akan lebih besar. Terutama saat banyak agenda nonton bareng pertandingan piala dunia. Di sini orang akan mengenakan kostum negara yang didukungnya dan produk akan banyak terjual,” timpalnya. Untuk harga barang, di Kagaya Sport dibanderol dari yang termurah Rp35 ribu hingga ratusan ribu.

TOSHIBA CAMCORDER

Menurut pria pemilik klub Gumarang FC dan sekolah sepak bola (SSB) Gumarang ini, jersey adalah produk yang paling banyak lagi, sementara merchandise lainnya hanyalah barang penunjang penjualan. Untuk itu, jauh hari dia sudah berbelanja barang-barang dari ke Bandung, Jakarta serta suplier dari produk China. Saat ini, akunya produk China sudah mulai merambah dan memasuki pasar-pasar dan menyaingi produk Thailand yang terkenal dengan jersey KW grade original. “Kalau untuk barang dari Bandung dan Jakarta kebanyakkan kostum untuk anak-anak usia sepuluh tahun hingga anak remaja, lakunya juga sangat cepat. Hanya saja, yang biasanya kami ambil agen untuk barang Thailand saat ini sudah ada suplier untuk barang dari China. Harganya lebih murah, namun bagi yang sudah biasa memakai kostum bola pasti bisa tahu beda kualitasnya. Jadi kalau untuk barang lokal dari Medan sama sekali enggak ada,” jelasnya. Untuk jersey original, Kayaga tidak punya stok setiap saat, menurutnya stok akan dibeli sesuai pesanan konsumen.

Namun, diakuinya pemenuhan barang-barang untuk jersey 32 peserta Piala Dunia dari Benua Afrika dan Asia sulit didapat. Hanya beberapa tim saja yang punya stok banyak. “Ini pengalaman hampir setiap piala dunia. Sangat kesulitan dapat barang untuk tim Afrika, Asia, bahkan untuk benua Amerika. Hanya banyak itu tim nasional benua Eropa. Seperti Iran, Chile, Ekuador sangat susah sekali dapat stok jersey grade ori, kecuali untuk Korea Selatan di Asia dan Nigera di Afrika, mudah didapat. Dan ini terjadi setiap momen piala dunia. Padahal, terkadang konsumen ini ada saja yang ingin tampil beda dalam memakai dan memilih kostum negara Piala Dunia,” bebernya.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) ini menjelaskan bisnis di ranah yang menyentuh dunia olahraga, terkhusus sepak bola sangat dinikmatinya. Tidak hanya menyambut Piala Dunia, Seagames, Asian Games, Pekan Olahraga Nasional (PON) pun dia menyediakan stok lebih. Dia pun yakin akan usaha yang sudah dibangunnya selama 12 tahun ini. Apalagi, sepak bola ibarat sudah mendarah daging baginya.

Hengki menyukai si kulit bundar sejak masa mudanya. Dari hobinya tersebut, dia pun sempat menapaki karir sebagai pesepakbola di klub lokal Medan Bintang Utara. Namun, dia tidak melanjutkannya ke jenjang sepakbola profesional dan memilih meneruskan kuliah di fakultas hukum. Setamat kuliah dia menerima panggilan kerja di perusahaan asing di Jawa Barat. “Entah kenapa saya malah ditempatkan di Subang, kebetulan abang saya manajer di perusahaan asing tersebut. Saya bilang, ingin ditempatkan di Bandung. Lalu abang saya bilang kalau mau di Bandung harus menunggu tiga bulan lagi. Saya katakan oke. Abang saya sempat bilang lalu mau apa selama tiga bulan menunggu. Sayapun memilih menghabiskan waktu menjelajahi perusahaan-perusahaan konveksi di Jawa Barat, ternyata di situlah saya melihat peluangnya sangat bagus. Jawa Barat layaknya sentra untuk memenuhi permintaan provinsi lain,” ungkapnya.

Menangkap peluang, Hengkipun beranikan diri memulai usaha di Jawa Barat. Meski banyak pesaing dia menjadi suplier barang-barang olahraga di enam daerah di sana, seperti Bandung, Karawang, Subang dan lainnya. “Saat ditawari abang saya lagi untuk masuk ke perusahaan asing malah saya tolak, saya bilang mau serius saja di usaha ini. Kemudian saya balik ke Medan dan ikut menawarkan produk olahraga di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ternyata banyak yang suka. Akhirnya sudah dua belas tahun sampai sekarang. Untuk usaha suplier yang dirintis di Bandung dipegang oleh abang saya dan tetap jalan,” ungkapnya yang kini dibantu enam karyawan dan sudah bisa memiliki dua toko. (nina rialita)

Kagaya Sport
Owner : Hengki Ahmad
Alamat Toko : Jalan Gedung Arca No 43 D, Simpang Halat-Medan
Jalan A R Hakim/Bhakti No 173 A Medan
Nomor TLP : 061-77038249/08126406347

Leave a comment